Breaking News

Kasi Propam Polres Banggai Pimpin OPS Gaktibplin

Luwuk - Setelah pelaksanakan apel pagi, Sie Propam Polres Banggai menggelar Operasi Penegakkan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) terhadap anggota, Senin (24/7/2023).

Lokasi Pemeriksaan Operasi Gaktibplin dilakukan di Aula Maleo Mapolres Banggai.

Operasi Gaktibplin diterapkan kepada seluruh anggota, sesudah melaksanakan apel pagi dengan dipimpin oleh Kasi Propam IPTU Raden Hermawan dan di Ikuti seluruh anggota sie Propam Polres Banggai.

Kasi Propam mengatakan, Ini dilakukan guna menekan terjadinya pelanggaran disiplin dari anggota Polri khususnya di wilayah hukum Polres Banggai.

Selain itu, kata dia, juga untuk mencegah pelanggaran kode etik dan tindak pidana. Sebab selain merugikan diri sendiri, keluarga dan tentunya merugikan institusi Kepolisian.

“Agar tetap menjaga etika sebagai anggota Polri jangan melakukan penyimpangan dan pelanggaran yang dapat menurunkan citra Polri di lingkungan Masyarakat,” ujar IPTU Raden.

Gaktibplin dalam rangka pembinaan personil dengan sasaran sikap tampang dan kelengkapan personel karena sebagai aparat Pelindung, Pengayom dan Pelayanan Masyarakat maka harus bisa menjadi dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Sasaran pemeriksaan meliputi kelengkapan dokumen perorangan seperti KTP, SIM dan KTA serta surat data diri lainnya dan juga sikap tampang meliputi gampol, atribut, rambut, kuku dan jenggot,” sebutnya.

Sie Propam juga melakukan pengecekan senpi organik yang dipinjam pakaikan kepada anggota baik kebersihan senpi, jumlah peluru dan surat izin pemegang Senpi serta Pemeriksaan Ranmor dinas R2 dan R4 yang dipinjam pakaikan terhadap personil Polres Banggai.

Ia menerangkan, dari hasil kegiatan Gaktibplin kali ini, masih ditemukan pelanggaran seperti rambut panjang, surat- surat kelengkapan diri yang masa berlaku nya sudah mati, penggunaan gampol Polri tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Bagi personel yang tidak sesuai dengan aturan, telah dilakukan tindakan disiplin untuk mengingatkan dan memperbaiki diri masing- masing personil,"terang Kasi Propam.

Kami berharap dengan adanya kegiatan operasi Gaktibplin seperti ini dapat meminimalisir pelanggaran yang terjadi pada anggota. Harap IPTU Raden Hermawan. (Rin)

Sumber : Humas Polres Banggai/Stenly.
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS