Breaking News

Listrik Padam Bergilir, Ternyata Ini Penyebabnya !!

Luwuk - Wakil Bupati Banggai Drs.H.Furqanuddin Masulili Pimpinan Rapat Koordinasi bersama pihak PLN dan Pertamina terkait Pemadaman Listrik , bertempat di RUANG RAPAT KHUSUS Setda Banggai , Senin 3 Juni 2024.

Pemadaman listrik yang terjadi akhir-akhir ini mendapat perhatian Bupati Banggai, Amirudin.

Karena itu, Pemda Banggai mengundang PLN UP3 Luwuk untuk menjelaskan penyebab pemadaman listrik secara bergilir akhir-akhir ini.

Pertemuan antara PLN UP3 Luwuk, Pertamina Patra Niaga, dan Pemda Banggai ini dilaksanakan secara virtual dan langsung pada Senin, 3 Juni 2024 pagi.

Dari Pemda Banggai, hadir Wabup Furqanuddin Masulili, para Asisten dan Staf Ahli, serta Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setda Banggai Sunarto Lasitata.

Furqanuddin mengungkapkan, masalah pemadaman listrik telah berdampak pada masyarakat, terutama pelaku bisnis.

"Tentu harus kita carikan apa penyebabnya terjadi pemadaman listrik. Akhir akhir ini sudah merisaukan masyarakat," ujarnya saat membuka pertemuan.

Kepala PLN UP3 Luwuk, Ansar, memohon maaf atas pemadaman listrik 2 hari terakhir ini.

"Rata rata 6-7 jam," jelas Ansar. 

Dalam pertemuan ini, Ansar mengungkapkan menipisnya stok Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk PLTD Luwuk. 

"Hari Jumat kemarin menipis sisa 1 hari operasi, kalau operasi terus menerus akan padam total, sehingga kami lakukan bergilir," katanya.

Meski begitu, kata dia, Senin pukul 05.00 Wita BBM sudah dipasok pihak Pertamina. 

Hanya saja, dalam pertemuan ini terungkap bahwa suplai Pertamina itu belum bisa memenuhi kebutuhan PLTD yang mencapai 100 kiloliter atau 100.000.000 liter per hari. 

Pihak Pertamina yang hadir secara virtual mengungkapkanya adanya insiden ledakan di Kilang Pertamina International (KPI) Refinery Unit (RU) V Balikpapan pada akhir Mei 2024. 

Kilang ini yang menyuplai BBM di wilayah Indonesia Timur, termasuk untuk kebutuhan PLN dan kapal laut.

Sebagai solusi, Pertamina akan memasok BBM dari depot yang berada di Bau-bau Sulawesi Tenggara dengan jumlah 800 kiloliter.

"Harapan kami segera recovery di Balikpapan," ujar Zuhdi, perwakilan Pertamina.

Sementara itu, Wabup Furqanuddin menyarankan agar PLN tidak memadamkan listrik di wilayah strategis seperti rumah sakit dan Waktu pemadaman juga tidak dilakukan pada jam kerja.

"Ini memang tidak bisa kita hindari, berkaitan dengan BBM. Apalagi, terjadi permasalahan seperti di Balikpapan," katanya.

Di katakan pula bahwa PLN UP3 Luwuk bakal mengubah pola pemadaman sampai pasokan BBM dari Pertamina kembali stabil.

Hadir dalam Rakor ini antara lain, Asisten I, Asisten II , Asisten III, Staf Ahli Bupati Banggai, Kabag SDA beserta jajarannya, Pimpinan Cabang PLN Luwuk, Pertamina, Serta peserta rapat lainnya. (rin)

Sumber : Bagprokopim Setda Kabupaten Banggai/Athenk.
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS