Breaking News

Pesertanya Pukau Ribuan Penonton, Wabup Banggai Apresiasi Pemcam dan Warga Nambo

Luwukmitrapers.onenews.co.id,- Semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) Ke-78 di Kabupaten Banggai yang digelar pada hari ke-4, cukup memukau puluhan ribu penonton yang memadati kota Luwuk.

Diketahui, untuk kegiatan Gerak Jalan Kategori umum, diikuti sekitar 137 peserta. Khusus kecamatan Nambo, gerak jalan santai kali ini dimeriahkan oleh regu dari Kelurahan Nambo Bosaa, Kelurahan Nambo Padang dan Padungnyo.

Hal ini sebagaimana hasil pantauan awak media ini pada Minggu (13/8/2023) di kecamatan Nambo. 

Untuk regu gerak jalan santai dari Kelurahan Nambo Bosaa dimeriahkan oleh peserta sebanyak 102 orang dibawah dampingan langsung Camat Nambo Djafar Hi. Kadir mulai bertolak dari Kecamatan Nambo hingga tiba dititik Star Alun-alun Kota Luwuk serta Finish di Lalong.

Khusus peserta dari Nambo Bosaa dibawah pipimpinan langsung Lurah Nambo Bosaa Nurlaela Pantaiyo, S.E dengan Koordinator pasukan Ahyar Mokoagow, Komandan Pasukan Armun Sukulani dan yang bertindak selaku tokoh proklamator Sukarno yakni Sulaeman alias Eman, selaku tokoh Sudirman yakni Farid, selaku  Tim Relawan Kesehatan dinakhodai langsung Lurah Nambo Bosaa bersama anggota lainnya.

Tahun ini, peserta gerak jalan santai Kel. Nambo Bosaa diikuti lebih dari 100 orang dalam satu regu yang tergabung dalam barisan gerak jalan santai yang terdiri dari Kelompok Pemuda-pemudi, Kaum Perempuan Pejuang disegala usia, kelompok pejuang dengan berbagai simbol alutsista tradisional sebagai gambaran situasi saat era revolusi kemerdekaan hingga pembacaan Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Soekarno-Hatta.

Bertolak dari titik Star Kel. Nambo Bosaa sekitar jam 09.35 WITA hingga sampai lokasi titik star lomba sekitar Jam 10.10 WITA, terus diiringi pidato sejarah para tokoh pejuang revolusi kemerdekaan RI bersama dentuman suara meriam yang bersumber dari bahan baku bambu lokal, seakan menjadi tameng bagi panas terik matahari sembari menunggu giliran Star sesuai dengan nomor peserta 137 atau nomor urut penutup.

Kepada media ini, Camat Nambo mengucapkan Terimah kasih kepada masyarakat Nambo, khususnya masyarakat kelurahan Nambo Bosaa, Nambo Padang dan Padungnyo karena telah berpartisipasi dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT RI Ke-78 di Kabupaten Banggai.

Lanjut Camat, menyampaikan kalau tahun ini lebih dari 400 orang ikut ambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan yang masing-masing ; Kelurahan Nambo Bosaa sebanyak 1 regu dengan 102 peserta, Nambo Padang 1 regu dengan 60 orang peserta dan Padungnyo 1 regu dengan 70 orang peserta.

Camat Nambo mengaku puas dengan penampilan regu dari Kecamatan Nambo karena telah mampu membawa suasana perayaan HUT RI ke-78 menjadi lebih meriah dan menumbuhkan semangat nasionalisme dan persatuan untuk membangun Daerah sebagai wujud mengisi kemerdekaan.

Dihari yang sama, Lurah Nambo Bosaa Nurlaela Pantaiyo, S.E juga mengapresiasi antusiasme masyarakatnya karena menurut Lurah kali ini telah melebihi target peserta Gerak Jalan Santai hingga mencapai 102 peserta yang terdiri dari kelompok perempuan 35 orang, kelompok Pemuda pelajar 35 orang, kelompok Pejuang 24 orang dan kelompok lainnya 8 orang.

Lurah Nambo Bosaa yang akrab disapa Ela menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemcam Nambo atas motivasi dan juga atas dukungan masyarakat Nambo Bosaa sehingga perayaan HUT RI Ke-78 melalui Gerak Jalan bisa terlaksana dengan baik, aman dan lancar.

Pada saat menerima penghormatan dari regu Gerak Jalan Kecamatan Nambo, bertempat di depan Rumah Jabatan Bupati Banggai, didampingi Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Kabag Humas dan jajarannya, Camat Luwuk dan sekitarnya, Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin mengapresiasi pemerintah kecamatan Nambo dan pemerintah Desa/Kelurahan yang telah mengirim utusan pada lomba Gerak Jalan Santai dengan tampilan yang menarik, penuh semangat juang sekaligus membangun semangat patriotik dan nasionalisme masyarakat melalui momen peringatan HUT RI Ke-78 di Kabupaten Banggai.

Usai menerima peserta, Bupati dan Wakil Bupati serta unsur Forkopimda serta kepala-kepala OPD menyempatkan Foto bersama dengan peserta Lomba. (Pimred)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS