Breaking News

Peduli Pendidikan, Pemcam Nambo Sediakan Bus Gratis Bagi Anak Sekolah

Nambo - Keberadaan Bus Sekolah menjadi dambaan semua orang khususnya bagi murid dan orang tua murid. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
Dampak positif dari keberadaan Bus Sekolah tersebut sangat dirasakan para murid maupun orang tua murid. Beberapah sumber yang enggan disebutkan namanya kepada media ini menuturkan kalau Keberadaan Bus Sekolah di wilayahnya sangat membantu mengurangi beban biaya transportasi anak sekolah yang kesehariannya menempuh jarak 20 sampai 22 Km ke Kota Luwuk.

"Sangat membantu Pak, yang awalnya anak kami sering lambat masuk sekolah, kini dengan beroperasinya Bus Sekolah sudah tidak lambat lagi, belum lagi kami sedikit menghemat biaya transportasi", tutur salah satu orang tua murid yang tidak mau disebutkan namanya.

Ditempat berbeda, Sopir Bus sebut saja Pak Mudin menuturkan kalau Bus yang di nahkodainya sudah beroperasi sejak awal Tahun 2024. Sasaran utamanya adalah anak-anak yang bersekolah maupun kuliah di Sekolah maupun Perguruan Tinggi yang ada di kota Luwuk.

"Bus Sekolah beroperasi sejak awal tahun 2024 usai Camat Nambo Zubhan Ahmad dilantik", terang Mudin.

Masih dari Mudin, dikatakan bahwa Bus beroperasi setiap hari, berangkat paling lama jam 06.10 WITA, agar tidak terlambat maka anak sekolah sudah harus berada di halte atau tempat tunggu yang sudah ditetapkan di masing-masing Desa dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Nambo.

Tak hanya anak sekolah yang ada di Kecamatan Nambo, biasanya juga melayani anak sekolah asal Kecamatan Kintom yang menimba ilmu di SMP 4 dan SMK Negeri 3 Luwuk khususnya Anak-anak sekolah dari Desa Solan dan Mendono.

Saat ditanya terkait Biaya Operasional Bis Sekolah, Mudin yang juga selaku penanggung jawab Unit menimpali kalau sejak beroperasi pada awal tahun 2024, dananya bersumber dari Pemcam Nambo.

Dihari yang sama, saat ditemui di kediamannya, Minggu  (26/5/2024), Camat Nambo Zubhan Ahmad, S.Sos membenarkan hal itu, sembari memberi keterangan singkat bahwa pendidikan adalah salah satu program utama yang digalakkan Pemerintah Daerah sebagaimana Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

"Pelayanan kepada masyarakat khususnya transportasi bagi anak sekolah ini merupakan program yang digalakkan Pemerintah Daerah sebagaimana Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai. Bis Sekolah ini sudah ada sejak tahun 2018, namun sempat fakum beberapah tahun, oleh Mantan Camat Jafar Hi. Kadir kembali diusulkan untuk pemanfaatannya dan Alhamdulillah Tahun 2024 ini layanan bus Sekolah kembali beroperasi hingga sekarang", tutur Camat Nambo Zubhan Ahmad, S.Sos.

Lanjut Camat, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan transportasi bagi anak Sekolah guna menunjang peningkatan pendidikan di wilayah kerjanya.

"Ini semua kami lakukan semata-mata untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan harapan bisa sedikit mengurangi beban biaya transportasi para murid yang menimba ilmu di kota baik jenjang pendidikan SLTP, SLTA atau sederajat, jenjang pendidikan lainnya serta perguruan tinggi sehingga nantinya bisa menunjang peningkatan pendidikan", jelas Mantan Sekcam Nambo dan Pagimana tersebut.

Ditambahkannya pula sembari menimpali, ada ada fasilitas, kenapa tidak difungsikan !? Pemerintah terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan menyediakan sarana transportasi bagi anak sekolah dari dan menuju kota Luwuk.

Diketahui bahwa fasilitas Bus Sekolah tersebut sudah ada sejak tahun 2018, diserahkan Pemkab Banggai melalui Dinas Perhubungan. Sempat terhenti beberapah tahun, dan kembali beroperasi awal tahun 2024.

Melalui media ini, Camat Nambo menyampaikan agar keberadaan Bus Sekolah Gratis ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga anak usia sekolah bisa melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dan tidak ada lagi anak sekolah yang terlambat masuk sekolah. Tak hanya itu, bagi masyarakat lain yang membutuhkan pun bisa dilayani tanpa mengganggu jadwal pengantaran anak-anak sekolah.

"Saat ini baru tersedia pengantaran dengan maksud agar anak sekolah masuk kelas tepat waktu, untuk jemputan belum terjadwal, Insya Allah, kedepan kami akan berusaha agar anak sekolah bisa sampai pada penjemputan saat pulang sekolah", tutup Camat. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS