Breaking News

Camat Masama Sebut Akses Jalan di Wilayah Desa Tompotika Makmur Sudah Terbuka

Masama - Curah hujan yang tinggi dengan durasi yang begitu lama belakangan ini menimbulkan dampak terjadinya banjir dan longsor dibeberaph titik baik pemukiman warga hingga jalur jalan diwilayah Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.

Banjir dan longsor menyasar sejumlah titik di kota Luwuk dan sebagian pemukiman warga di kecamatan Luwuk Selatan dan Kecamatan Luwuk Utara yang berdampak kerugian materil pada korbannya.

Tak hanya itu longsor juga menyasar beberapah titik ruas jalan, antara lain ruas jalan yang terletak diwilayah Desa Tompotika Makmur, Kecamatan Masama pada Kamis (14/6/2024).
Menurut keterangan warga, longsor tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan arus air hujan membawa material tanah hingga menutupi ruas jalan sekitar 30 meter.

"So tatutup jalan Pak, jalan tidak bisa dilewati oleh kenderaan roda dua dan roda empat", tutur warga (13/6/2024)

Diketahui bahwa jalan yang menghubungkan 6 Kecamatan diwilayah kepala burung tersebut merupakan jalan yang berada dibawah kewenangan pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah.

Namun karena menjadi tumpuan masyarakat dari dan menuju ibu kota Kabupaten, pemerintah setempat dalam hal ini Camat berkoordinasi dengan Polsek Masama dan warga setempat melakukan konsolidasi kepihak perusahaan yang beroperasi diwilayah Masama, hasilnya pihak perusahaan mengeluarkan alat berat untuk mengatasi timbunan material penghalang jalan.

Sebelum pekerjaan dilakukan, pihak Pemcam Masama terlebih dahulu berkonsultasi dengan pimpinan daerah karena jalan yang akan dikerjakan adalah jalan dibawah wewenang Propinsi dan hasilnya pada Jumat (14/6/2024) telah dilakukan perbaikan jalan menggunakan alat berat jenis eksavator.

"Sudah, akses sudah terbuka dan alat milik Perusahaan, sebelumnya kita sudah lakukan Koordinasi, tadi usai sholat Jumat, makasih", tutur Camat Masama Via pesan Watsaapp (14/6).

Beruntung bencana banjir dan longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS