Breaking News

Hadiri Deklarasi Kampung Pancasila di Desa Salodik, Bupati Amirudin Bersama Unsur Forkopimda di Sambut Tarian Cakalele

Luwuk Utara  - Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO bersama Unsur Forkopimda hadiri acara Deklarasi Kampung Pancasila, Desa Salodik, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah di wilayah Kodim 1308/LB, Korem 132/TDL, Kodam XIII MDK pada Jumat (16/8/2024).

Dalam sambutannya, Dandim 1308/LB, Letkol Inf Hermanto, menyampaikan bahwa Kampung Pancasila merupakan program rutin TNI Angkatan Darat. Setiap kodim terdapat 1 desa yang jadi percontohan untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila.

"Kami menentukan Desa Salodik karena penerapan nilai Pancasila masih kental. Gotong royong, toleransi umat beragama, ketahanan pangan, kepemudaan, stunting nol, dan kemiskinan juga rendah," ucapnya.

Dandim juga mengungkapkan bahwa Kampung Pancasila tersebut turut dilombakan, Desa Salodik menjadi perwakilan dari Kodam XIII Merdeka. 

Kerja Dandim 1308 Luwuk Banggai bersama para anggotanya berhasil mengubah wajah Desa Salodik dalam kurun waktu sebulan.

Pagar, atap, hingga pekarangan rumah di Desa Salodik kini terlihat bersih dan tertata setelah Kodim 1308 Luwuk Banggai menunjuk desa ini jadi titik program Kampung Pancasila.

Bupati Amirudin, dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 1308/LB yang telah mencanangkan Kampung Pancasila di Desa Salodik tersebut.
"Masyarakat Desa Salodik harus berbangga ditunjuk sebagai wakil dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Provinsi Gorontalo," tutur Bupati Amirudin.

Lanjutnya, Desa Salodik yang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila ini, tentunya akan menjadi miniatur bangsa Indonesia saat ini dan semoga dapat menjadi contoh bagi desa dan kelurahan lainnya di Kabupaten Banggai.

"Selamat untuk Desa Salodik, semoga semakin bermarwah, semakin maju, dan semakin sejahtera dengan masyarakat yang majemuk, akan tetapi selalu menjaga kerukunan dan kedamaian," ucap Bupati Amirudin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Amirudin mengajak seluruh yang hadir pada kegiatan ini untuk senantiasa menjaga harmoni kehidupan serta mengedepankan semangat kebersamaan, toleransi , persatuan dan kesatuan yang akan membentengi dari potensi perpecahan.

Kehadiran Bupati Banggai, Kapolres Banggai, Kejari Banggai, pimpinan OPD serta pejabat lainnya dalam acara ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah untuk mendukung program-program yang berkaitan dengan pengamalan ideologi Pancasila di kehidupan sehari-hari masyarakat. (rin)

Sumber : DKISP Kabupaten Banggai
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS