Breaking News

Panen Perdana, Poktan Pau Milenial Paisu Buloli Berbagi Hasil Panen Secara Gratis

Batui Selatan - Kelompok Tani PAU MILENIAL adalah kelompok Tani yang anggotanya merupakan Pemuda/i Desa Paisu Buloli, kecamatan Batui Selatan.

Karena Hobi dan tujuan yang sama, para kaum Milenial di Desa Paisu Buloli kemudian membentuk sebuah kelompok Tani dengan Harapan bisa meningkatkan Kemampuan, Pengetahuan dan Bisa Meningkatkan Ekonomi kelompok dan Individu bahkan Orang tua mereka.

ALAN LAHIANG adalah Ketua Karang Taruna Desa Paisu Buloli kepada media ini menuturkan kalau pada Selasa 21 November 2023 telah dilakukan Panen Perdana Kangkung Cabut yang di Tanam oleh kaum Milenial ini.

Dikatakannya kalau hasil panen awal ini tidak di perjualbelikan, melainkan di bagi secara Gratis pada masyarakat Desa Paisu Buloli.

Grasela Andini/Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tompotika Luwuk sekaligus selaku Sekretaris Kelompok Tani (POKTAN) PAU MILENIAL juga menuturkan kalau usaha sektor pertanian merupakan peluang usaha yang menjanjikan bagi petani.

"Desa kami adalah Desa Migas, tapi kalau semua Kaum mudah menjadi karyawan Perusahaan, lantas siapa yang akan meneruskan Pertanian ? Sektor Pertanian bagi Saya adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan di masa depan dan kami POKTAN PAU MILENIAL sudah siap untuk berkontribusi pada sektor pertanian - peternakan Indonesia, khususnya Kabupaten Banggai Desa Paisu Buloli", tandas Grasela.

Lanjut Grasela, kegiatan bagi-bagi kangkung Gratis ini, kami tutup dengan kegiatan Diskusi Rutin, untuk mengevaluasi kinerja dan untuk perencanaan Program kedepannya. Kangkung yang belum kami panen msih cukup banyak, mungkin sekitar 1.500-2.000 ikatan kalau di panen dan rencananya sebelum panen.

Ditambahkannya pula bahwa pihaknya akan mencari pembeli di kota Luwuk, ahasil penjualannya akan digunakan untuk membuat Peternakan ayam kampung, sesuai Program kerja Poktan Pau Milenial.

Ditempat yang sama, Ketua Kartar Akan Lahiang juga memberi Apresiasi keada program Kerja Poktan Pau Milenial.

"Saya memberikan Apresiasi besar kepada Kelompok Tani PAU MILENIAL,ini merupakan salah satu Contoh positif untuk Kaum Milenial/ pemuda. Agar tidak perlu gengsi untuk menjadi petani", ucap Alan.

Lanjut kata Alan, bagi-bagi Hasil panen merupakan Fenomena langkah yang saya jumpai. Terlihat sederhana namun Sangat memberikan Manfaat, kedepannya kami akan maju dan berbuat bersama demi kemajuan Desa.

"Kangkung yang bulan kemarin kami tanam sebanyak 4 kg, Puji Tuhan hari ini sdh bisa di panen, Untuk memulai Usaha Kelompok Tani kami, Panen Perdana Kangkung ini kami bagi-bagi secara Gratis kepada masyarakat Desa, harapannya semoga Tuhan memberkati kami Untuk selalu berbuat baik Bagi kemajuan Desa kami khususnya kaum Milenial/pemuda", tutup Andre Rovalindo Litungan, ketua Poktan Pau Milenial. (Ikbal.S)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS