Breaking News

Dana Tali Asih Selesai Dibagikan, Kades Koninis Tegaskan Kedepan Pembagian Mengacu Pada Rekomendasi Kabag SDA

Simpang Raya - Istilah 'Bukan Penonton', wajar disematkan kepada penduduk di 5 Desa lingkar tambang milik Perusahaan Nikel PT. Koninis Fajar Mineral (KFM) yang beroperasi di wilayah  Kecamatan Bunta dan Simpang Raya, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Pasalnya, diawal tahun 2024 ini, Warga di 5 (lima) Desa Lingkar Tambang PT. KFM kembali mendapat kucuran dana yang dikenal dengan sebutan Dana Tali Asih.

Rejeki nomplok tersebut sebagaimana yang dirasakan warga penerima di Desa Koninis, Kecamatan Simpang Raya yang baru -baru ini telah menyelesaikan pembayaran untuk dua dusun yang tersisa.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Desa (Kades) Koninis Rudianto Ma'atu (11/2) yang mana dikatakan kalau Pembagian Tali Asih untuk Desa Koninis telah selesai.

"Setelah sempat tertunda pada Minggu sebelumnya, hari ini Dana Tali Asih dari Perusahaan PT. KFM sudah selesai dibagikan", ucap Kades yang akrab disapa Rudi dan juga mantan Kades Dongkalan (Pagimana-red).

Lanjut Kades, total KK penerima untuk Desa Koninis 343 KK, dimana pembagian di mulai pada Senin (5/2) untuk Dusun 4, Selasa (6/2) Dusun 1, Sabtu (10/2) Dusun 2 dan terakhir hari Minggu (11/2/2024) hari ini Dusun 3.
Lanjut Kades, semoga Dana Tali Asih yang telah diterima, dapat digunakan sesuai kebutuhan dan bisa membantu meringankan beban kebutuhan hidup sehari-hari.

Pria bersahaja, peramah dan tegas ini juga menghimbau kepada masyarakatnya agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban jelang hari-H Pemilu 2024 dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya terkait dana Tali Asih dari Perusahaan, Kades Koninis Rudianto Ma'atu menegaskan bahwa untuk kedepan, pembagian Dana Tali Asih dari pihak PT. KFM mekanismenya merujuk kepada Surat Edaran Kabag SDA Pemkab Banggai khususnya Point 1 yang artinya diserahkan langsung oleh Perusahaan kepada warga penerima.

Adapun bunyi Rekomendasi Kabag SDA Pemkab Banggai Nomor 500/03.11./Bag.SDA tertanggal 7/3/2023, point' 1 berbunyi ;

*Dana pemberian Rp 5.000.000,-/Tongkang/Desa merupakan bagian dari Dana Tali Asih yang merupakan komitmen Direksi PT. Koninis Fajar Mineral, diberikan kepada 5 (lima) Desa Lingkar Tambang sesuai peruntukannya dan penggunaan dana tersebut diserahkan langsung oleh perusahaan kepada masyarakat Desa secara tunai maupun non tunai*

Mengakhiri pembicaraannya, Kades kembali menghimbau semua lapisan masyarakat Desa Koninis kaitan minggu tenang jelang Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari agar sama-sama mensukseskan Pemilu dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dilingkungan masing-masing.

Pembagian dihadiri Unsur Forkopimcam Simpang Raya, Kades,  BPD, Aparat Desa, perwakilan Dusun dan warga penerima dana tali asih. (red)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS