Breaking News

Terus Jemput Bola, Pelayanan Langsung Dokumen Kependudukan dan Capil di Kec. Nambo

Nambo - Disdukcapil kabupaten Banggai terus berupaya memaksimalkan pelayanan data penduduk dengan menggelar pelayanan keliling Dokumen Kependudukan bagi warga masyarakat di Kabupaten Banggai.

Hal ini sebagaimana yang dilaksanakan di Kecamatan Nambo bertempat di kantor Camat Nambo pada Rabu 17/2/2024.

Kepada media ini (17/2/2025), Camat Nambo Zubhan Ahmad, S.Sos sangat mengapresiasi kegiatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banggai di wilayahnya karena menurut dia, kegiatan ini dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan dan catatan sipil.

"Kegiatan pelayanan seperti ini sangat baik dan saya berterima kasih karena bisa membantu kebutuhan dokumen kependudukan bagi warga secara cepat dan mudah sehingga masyarakat tidak lagi menunggu waktu lama dalam memperoleh dokumen kependudukan dan catatan sipil yang dibutuhkan", tutur Camat.

Kadis Dukcapil Banggai melalui Kabid Kependudukan Indayani, S.Sos, M.Si menyampaikan Pelayanan Data Kependudukan keliling ini dilaksanakan guna memenuhi kebutuhan data penduduk khususnya bagi pemilih pemula.

Lanjut Kabid, data yang sudah terproses sebanyak 160 pemohon, terdiri atas data KTP, KK, Akte Lahir dan KIA, yang mana sebanyak 78 sedang diproses dan sisahnya masih menunggu giliran untuk diproses sesuai kebutuhan.

"Total pemohon 160 orang. Terdiri dari pemohon data KTP, KK, Akte lahir dan KIA", terangnya.

Kabid Indayani juga menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan dokumen kependudukan ini dilaksanakan guna memaksimalkan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat di Kabupaten Banggai khususnya yang saat ini di laksanakan di kecamatan Nambo.

Masih dari Kabid, kegiatan ini dilaksanakan demi update data kependudukan yang baru sebagai wujud Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banggai dalam memaksimalkan pelayanan publik khususnya kebutuhan dokumen kependudukan.

Kabid mengaku tingginya antusias masyarakat khususnya pemohon. Hal ini terlihat dari banyaknya pemohon di setiap Desa/Kelurahan di 24 Kecamatan sebagaimana yang saat ini terjadi di Nambo.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat begitu tinggi, di Nambo hari ini sja pemohon mencapai hampir 160 orang", ucap Kabid Kependudukan.

Kabid juga menambahkan kalau antusias warga tersebut umumnya dipengaruhi oleh kesadaran akan arti pentingnya administrasi kependudukan dan juga faktor kemudahan dalam pelayanan di masing-masing tempat domisili Pemohon.

"Kami terus berusaha untuk jemput bola, ini semua bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil sekaligus juga bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan pelayanan", tutupnya. (***)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS