Breaking News

Angka Kemiskinan Kabupaten Banggai Terendah Se-Sulteng

Luwuk - Angka Miskin Extrim Kabupaten Banggai saat ini sudah berada pada angka 0,00 dari sebelumnya yang berada pada angka 5.0.

Hal tersebut disampaikan bupati Banggai Ir H.Amirudin, MM pada saat membuka kegiatan Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai yang dilaksanakan di Ruang Rapat khusus Kamis, 7/3.2024.

Alhamdulillah kata Bupati Amiruddin, sore kemarin sekitar pukul 16.00 Wita telah menerima surat dari    pemerintah Pusat bahwa Daerah Kabupaten Banggai miskin ekstrim nya telah berada pada angka 0.00  dan merupakan satu satu nya Kabupaten/Kota di Sulteng  yang mencapai angka tersebut. 

Artinya program unggulan Pemerintah Kabupaten Banggai saat ini yakni Satu juta satu pekarangan telah dirasakan manfaatnya dan cukup efektif dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di daerah ini. Begitu pula dengan bantuan bantuan sosial bagi rakyat miskin yang selama ini telah dilaksanakan. Program kelurahan dana desa  kita saat ini cukup besar . 

Sementara itu berkaitan dengan pelimpahan kewenangan dari bupati ke camat. Ada juga beberapa daerah di Sulteng telah melakukan hal yang sama namun tidak di sertai dengan dana nya.

Sementara Kabupaten Banggai dalam pelimpahan kewenangan sebagaimana  diatur melalui Peraturan Bupati Banggai No. 49 Tahun 2023 telah disertai pula dengan Anggaran/dana nya sebesar 5 Milyard lebih.

"Untuk itu disetiap kegiatan pada acara Musrembang ataupun acara lainya bupati Amiruddin menyampaikan agar segera di realisasikan anggaran yang sudah ada dan cari orang miskin untuk dicarikan pekerjaan atau diberdayakan. Apabila bantuan sosial semua dapat berjalan dengan baik maka yakin dan percaya semua angka kemiskinan dan pengangguran akan turun", jelas Bupati Amiruddin. (rin)

Sumber : Prokopim Setda Banggai/Muhlis Pampawa 
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS