Breaking News

Pimpin BUMDES Abadi Uling, Dedi L. Matarang, SH Berniat Tingkatkan Ekonomi Petani Kelapa

Kintom - Belum genap satu semester dibawah kepemimpinan Dedi Matarang, Keberadaan BUMDES Abadi Uling, Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas kerja kearah yang lebih baik.

Belakangan, BUMDES Abadi Uling dibanjiri pelanggan yang umumnya bergerak di bidang petani kelapa.
Bang Delon sapaan akrab Direktur BUMDES Abadi Uling kepada media ini menuturkan kalau BUMDES yang dipimpinnya mulai melakukan Pembelian barang berupah Kopra dan arang batok kelapa dari warga masyarakat uling dan sekitarnya.

"Kopra dan arang batok kelapa dibeli oleh BUMDES Abadi Uling dari petani langsung dengan harga yang menguntungkan petani", ucap Delon. 

Lanjut Delon, selanjutnya arang di proses berupah pengeringan dan pengayakan selama 1 minggu kemudian di jual ke Perusda Sulteng di Palu.
Ada beberapah unit usaha yang telah berjalan selama ini, antara lain Usaha BriLink dan jual beli hasil dari komoditi kelapa karena petani kelapa mendominasi komoditi sektor pertanian dan perkebunan di wilayahnya.

"Bumdes Uling coba mengkategorikan jenis pekerjaan masyarakat yang mana disimpulkan 80 % nya adalah petani, walau dalam aktifitas lainnya adalah nelayan, ojek, tukang dll", tambahnya. 

Menurut Dedi Matarang, Kintom dan sekitarnya memiliki Potensi yang cukup menjanjikan, ditunjang sumber daya yang lumayan besar. Khususnya disektor pertanian dan perkebunan, terdapat banyak jenis komoditas yang ditanam oleh petani, salah satunya tanaman yang telah memberikan bukti sebagai penopang keberlanjutan ekonomi di sebuah keluarga dalam hal ini Kelapa.

Dedi Matarang, SH mengatakan bahwa komoditi kelapa termasuk tanaman yang mendominasi lahan perkebunan petani di Kabupaten Banggai. Disamping tanaman tahunan lainnya. 

Dedi mengatakan bahwa banyak putra putri terbaik Kintom sejak masa lampau hingga kini yang sukses karena ditopang oleh hasil tanaman kelapa. 

"Olehnya itu, melalui unit usaha Bumdes Abadi Uling ini, kami menjalankan unit usaha perdagangan kelapa berupah kopra, arang dan briket", tandasnya.

Tak hanya itu, Dedi juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menjalin kemitraan dengan Perusda (perusahaan daerah) Sulawesi Tengah (Sulteng) di Palu  dan pihak swasta lainya diwilayah Sulawesi Tengah dan Pulau Jawa.

Diakhir pembicaraan, Direktur BUMDES Abadi Uling Dedi Matarang, SH menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak baik pemerintah Desa Uling, Pemcam Kintom, Pemkab Banggai dan khususnya masyarakat serta petani Kelapa atas dukungan dan kerja samanya dengan harapan  semoga keberadaan BUMDES Abadi Uling, mampu menjawab tantangan perekonomian masyarakat khususnya petani kelapa dan masyarakat pada umumnya.

"Kami berharap Kemitraan yang di bangun ini mampu memberikan simbiosis mutualisma bagi semua pihak khususnya petani selaku Penyangga Tiang Negara dari ektor pertanian dan perkebunan sehingga Visi dan Misi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam memajukan perekonomian masyarakat bisa terwujud", tutupnya. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS