Breaking News

MAN Banggai Gelar Haflah Akhirussanah Tahun 2024 di Swiss Bell'in Hotel Luwuk, Ini Pesan Kamad Muhammad Basri, S.Pd, M.Pd !

Luwuk - Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banggai menghadiri sekaligus membuka acara Haflah Akhirussanah bagi siswa-siswi Kelas XII yang telah selesai melaksanakan pendidikan di MAN Banggai selama 3 (tiga) tahun, bertempat di Swiss Bell'in Hotel Kompleks Bukit Halimun, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada Sabtu (27/4/2024).

Acara Haflah Akhirussannah peserta didik Kelas XII MAN Banggai Tahun Pelajaran 2023/2024 kali ini berema ; "Dedikasi Madrasah untuk Negeri, Wujudkan Generasi Unggul, Berprestasi dan Qur'ani"

Kepala Madrasah (Kamad) Negeri Banggai Muhammad Basri,S.Pd, M.Pd pada sambutan pembukaan menyampaikan bahwa Komitmen Madrasah dalam mendidik generasi mudah yang cerdas dan berprestasi serta bertaqwa. Peran MAN menciptakan generasi yang handal baik ilmu pengetahuan dan ketaqwaan.

Dengan Motto ; Madrasah Mandiri Berprestasi dan Madrasah Hebat Bermartabat.

Turut hadir Kepala Kantor Kemenag Banggai Drs. H. Suardi Kanjai, MA, Kasi Pendis Hj. Hanisa Dg. Masiseng, S.Pd, MA, Kamad MIN 4 Banggai, Ketua komite MAN Zaenal Abidin Dg. Siame, S.H, Kepala Tata Usaha MAN Mianty Idrus, SE, Kamad MTSn 1 Banggai Muhammad Basri, S.Pd, M.Pd, Pengawas Madrasah Suardi Padjang, para orang tua/wali dan 168 siswa-siswi kelas XII.

Dalam laporannya, Ketua Panitia pelaksana Haflah Akhirussanah  MAN Banggai Tahun Ajaran 2023/2024 Sudirman Madukalang, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun dan merupakan salah satu program kerja Madrasah dan OSIM MAN Banggai.

"Kegiatan pelepasan atau perpisahan Peserta Didik Kelas XII setiap tahun setelah peserta didik menyelesaikan studinya pada jenjang satuan pendidikan selama 3 tahun dan dilaksanakan setelah peserta didik mengikuti assesmen kelulusan atau ujian kelulusan danJuga merupakan salah satu program kerja Madrasah dan OSIM MAN Banggai", kata Sudirman.

Lanjut kata Sudirman, kalau Haflah Akhirussanah tersebut bertujuan antara lain sebagai wahana dalam meningkatkan tali silaturahmi antar sesama peserta wisuda yang akan memberi kesan tersendiri sebelum meninggalkan masa-masa sekolah/belajar di MAN Banggai, silaturahmi antar orang tua/wali,guru dan keluarga besar Madrasah.

Haflah dimana kata bermakna perayaan atau acara dan Akhirussanah bermakna akhir tahun, Haflah Akhirussanah berarti perayaan yang diselenggarakan di akhir tahun pelajaran di berbagai lembaga pendidikan Islam termasuk Madrasah Aliyah.

"Haflah Akhirussanah adalah momen perayaan untuk merayakan berakhirnya tahun pelajaran bagi peserta didik Kelas XII. Dan ini momen wisudawan, orang tua/wali, guru dan keluarga Madrasah untuk berkumpul bersama berbagi kegembiraan, merayakan pencapaian selama tahun pelajaran", tutur Ketua Panitia Sudirman.

Dikatakannya pula bahwa Sumber dana pelaksanan Haflah Akhirussanah berasal dari swadaya Siswa-siswi dan seluruh tenaga kependidikan serta kepala Madrasah.

Selanjutnya acara diisi dengan sambutan dari 6 orang perwakilan masing-masing kelas baik kelas Kelas IPA 1, IPA 2, IPS 1, IPS 2, Keagamaan 1 dan Keagamaan 2. Yang dihiasi dengan pembacaan pesan dan kesan perpisahan hingga membuat haru serta sedih sejumlah orang tua/wali yang hadir saat itu.

"Saya berlinang air mata saat mendengar puisi yang dibacakan para siswi perwakilan kelas, teringat masa-masa sekolah dahulu dan juga teringat jasa guru saat masih sekolah", imbuh salah satu orang tua/wali dengan mata berkaca-kaca.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan Wisuda siswa-siswi MAN Banggai yang dipimpin langsung Kepala MAN Banggai Muhammad Basri, S.Pd, M.Pd.

Dalam pesan terakhirnya, Kepala Madrasah (Kamad) Aliyah Negeri Banggai Muhammad Basri, S.Pd, M.Pd melalui media ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh wisudawan/wisudawati, dewan guru dan para orang tua/tua atas dukungan serta kepercayaannya kepada MAN Banggai dalam mendidik serta menggembleng siswa-siswinya.

"Terima kasih kepada siswa-siswi, orang tua/wali, rekan-rekan guru atas dukungan dan kepercayaannya hingga saat ini anak-anak sudah selesai dalam mengikuti pelajaran di MAN Banggai, saya ucapkan selamat menempuh jenjang pendidikan berikutnya dan jadilah duta MAN Banggai dimanapun berada dengan sikap dan tingkah laku yang mencerminkan pribadi yang handal dan berkrepibadian yang luhur", tutup Kamad Muhammad Basri. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS