Breaking News

Wabup Banggai Buka Kegiatan FFSC Rangkaian HUT Damkar Ke-105 Sulawesi Tengah Tahun 2024 di Kabupaten Banggai

Luwuk - Kegiatan Pembukaan Fire Fighter Skill Competition (FFSC) tahun 2024 dilaksanakan oleh Dinas Damkar Kabupaten Banggai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Dinas Damkar Sulawesi Tengah yang ke-105 bertempat Pusat Kota tepatnya lapangan GOR Luwuk, Kabupaten Banggai, yang berlangsung dari Selasa 15/5 sampai dengan 16/5/2024.

Dibuka oleh Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili, MM pada (15/5/2024), turut hadir Kasat Pol.PP Sulteng, unsur Forkopimda, Kabaghumas Setda Banggai Muhlis Pampawa dan staf, Kadis Damkar Banggai selaku tuan rumah, kepala OPD dan jajaran yang sempat hadir, Kepala Dinas Damkar dan Pol. PP Se-Sulawesi Tengah dan jajaran serta, sponsor shif PT. Kajama yang berasal dari Kabupaten Bogor, sejumlah pimpinan perusahaan baik BUMN, BUMD dan Swasta, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, sejumlah perwakilan Siswa-siswi tingkat SD, SLTP dan SLTA/Sederajat di wilayah Kota Luwuk, sejumlah awak media dan undangan lainnya.

Didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya selanjutnya menyanyikan Mars Pemadam Kebakaran.

Kadis Damkar Suwitno Abusama dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun Damkar Ke-105

Lanjut Kadis, kegiatan Fire Fighter Skill Competition dilaksanakan sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan skil personil Damkar sekaligus sarana edukasi bagi masyarakat.

Kegiatan diikuti 13 Peserta dari Propinsi dan Kabupaten se-Sulteng yakni 12 kabupaten, 1 Propinsi, termasuk beberapah dari peserta dari Perusahaan yang ada diwilayah Sulawesi Tengah.

Tak hanya itu, kegiatan HUT Damkar kali ini diisi dengan kegiatan UMKM Binaan Dinas Koperasi dan UMKM dari 12 Tim UKM yang antara lain UKM usaha minuman siap saji berupah Kopi asal Kayowa l, Kecamatan Batui milik Moh. Fadly. Hi. Umar.

"Lomba Fire Fighter Skill ini memperebutan piala bergilir Gubernur Sulteng serta bOnus dari Pemda Banggai sebesar 5 juta", ucap Suwitno.
Pada kesempatan itu, Kadis Damkar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Kasat Pol. PP Sulteng dan khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Banggai atas terbentuknya Dinas Baru di Kabupaten Banggai yang saat ini baru berusia 6 bulan.

"Terima kasih kepada Pemprop Sulteng, Kasat. Pol. PP Sulteng dan khususnya kepada Bupati dan wakil Bupati Banggai atas terbentuknya Dinas Damkar yang baru dan Bupati Banggai yang adalah yang pertama kali membentuk Dinas Damkar di Sulteng", tutur mantan Kasat. Pol-PP Kabupaten Banggai Suwitno Abusama.

Diketahui bahwa Wilayah Damkar Banggai saat ini mencakup 5 Kecamatan, olehnya itu Kadis Suwitno berharap agar kedepan bisa dibentuk UPT di masing-masing kecamatan.

Mewakili Bupati, Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili, MM saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa  Visi utama lembaga kebakaran dunia yakni meningkatkan pelayanan pemadam kebakaran dengan meningkatkan profesionalitas setiap personil Damkar sehingga masyarakat merasa dilindungi dari bencana kebakaran.

"Setiap saat dapat terjadi kebakaran dan tidak seorangpun yang bisa mengetahui kapan terjadinya bencana kebakaran sehingga petugas damkar dituntut siap siaga dan terus meningkatkan profesionalitas sebagaimana isi panca dharma", kata Wabup Banggai Furqanudin Masulili.

Olehnya itu kata Wabup, peran serta Petugas Damkar sangat dibutuhkan, disamping itu dukungan dan juga dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran.

Ditambahkannya pula bahwa untuk tercapainya standar pelayanan minimum di dunia kebakaran tentunya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan dalam penyelamatan dan evakuasi korban bencana kebakaran maka kesiap siagaan Petugas Damkar harus menjadi perhatian utama.

"Selamat datang kepada peserta lomba dan semua pihak yang telah berkunjung ke kota Luwuk untuk mengikuti kegiatan Fire Fighter Skill Competition tahun 2024 rangkaian HUT Damkar yang ke-105", tutup Wabup Drs. H. Furqanuddinasulili, MM. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS