Breaking News

Dokumen Hasil Kajian DOB Tompotika di Tangan Pemprop Sulteng, Ini Harapan Masyarakat !!

Palu - Setelah melalui berbagai tahapan dalam pemenuhan persyaratan dokumen usulan DOB kaitan usulan Pemekaran Kabupaten Tompotika yang telah berjalan puluhan tahun, kini terus menggelinding.

Bahkan di kabarkan dokumen usulan pemekaran Kabupaten Tompotika wilayah Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah yang dikenal dengan sebutan Kepala Burung tersebut sudah diserahkan kepada Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Ma'mun Amir.

Hal itu sebagaimana disampaikan BRIDA Sulteng saat menerima kunjungan Tim Forum Pemekaran Kabupaten Tompotika bersama Kepala Desa setempat, pada Senin (3/6/2024).

Tak hanya itu, Dokumen hasil kajian DOB Kabupaten Tompotika tersebut telah diserahkan kepada Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Propinsi Sulawesi Tengah.

“Hasil kajian DOB ini kiranya bisa membantu pimpinan dalam memenuhi persyaratan yang ada dalam RPJMD,” katanya.

Diwaktu yang sama, dihadapan awak media, Sekretaris Umum Forum Pemekaran DOB Kabupaten Tompotika Julhardi A. Nursin mengatakan bahwa pemekaran Tompotika merupakan harapan masyarakat. Dan tentunya ini menjadi atensi warga wilayah DOB Tompotika kepada Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah dalam hal ini Gubernur Rusdy Mastura dan Wakil Gubernur Ma'mun Amir.

Harapan besar warga ini bukan tak beralasan, disamping usulan DOB Tompotika sudah berjalan puluhan Tahun yang lebih penting lagi bahwa masyarakat yang berdomisili di wilayah tersebit sering mengeluhkan terkait dengan jarak akses pelayanan pemerintahan.

“Masyarakat sangat bahagia dengan keluarnya kajian akademik yang telah dilakukan oleh teman-teman dan berharap kepada Pemerintah Propinsi agar kerisauan masyarakat diwilayah pemekaran Kabupaten Tompotika bisa terealisasi melalui tangan manis Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Lanjut Jul sebutan akrabnya, sembari memaparkan kalau Kabupaten Tompotika yang di usulkan ini memiliki 86 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan. Dan 7 Kecamatan dimaksud masing-masing Kecamatan Masama, Kecamatan Lamala, Kecamatan Mantoh, Kecamatan Balantak, Kecamatan Balantak Utara, Kecamatan Balantak Selatan dan Kecamatan Bualemo.

Di akhir pembicaraannya, Sekretaris Umum Forum Pemekaran Kabupaten Tompotika kembali menaruh harapan besar kepada Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah agar dapat mewujudkan impian masyarakat di 7 (tujuh) Kecamatan wilayah Pemekaran Kabupaten Tompotika.

“Kunci dari sebuah kesejahteraan diwilayah kita salah satunya adalah pemekaran, kami berharap penuh kepada Pemerintah tingkat Propinsi dan pemerintah Pusat yang tentunya melalui Gubernur dan Wakil Gubernur dan teman-teman di DPRD Sulteng”, tutupnya dengan nada penuh harap. (red)

© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS