Breaking News

DPMD Banggai Gelar Bimtek BUMDES Abadi Uling di Desa Uling


Kintom
- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Abadi Uling, Desa Uling, Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai, Propinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan Bimtek yang diselenggarakan di Desa Uling tepatnya di Villa salah satu warga Desa Uling pada Sabtu (6/7/2024). Dibuka oleh camat Kintom Amrizal Latif, S.Sos dan dihadiri oleh Plt. Kadis DPMD Kabupaten Banggai Hasan Bashwan M. Dg. Masikki, S.STP, M.Si, Kabid Pemberdayaan Daryanto Sangkota, S.T, Unsur Forkopimcam, sejumlah Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Kintom, Direktur BUMDES Abadi Uling Dedi Lantona Matarang, SH dan jajaran pengurus serta tokoh masyarakat.


Diketahui bahwa kegiatan Bimtek tersebut khusus ditujukan untuk peningkatan kapasitas pengurus BUMDES Abadi Uling yang diselenggarakan oleh DPMD Kabupaten Banggai bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Kintom dan Pemerintah Desa Uling serta Pihak PT. ESSA (PAU).

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Direktur BUMDES Abadi Uling kepada media ini (12/7/2024).

Lanjut Direktur yang juga selaku generasi muda Potensial Kabupaten Banggai menuturkan kalau pihaknya sangat merasa berterima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda-red) Kabupaten Banggai dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Banggai atas respon positifnya terhadap BUMDES Abadi Uling.

Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya DPMD, Pemcam Kintom dan Pemdes Uling dan juga pihak PT. ESSA atas terlaksananya Bimtek tersebut.

Lebih jauh lagi, oleh pemuda yang akrab disapa Delon ini mengatakan kalau pelaksanaan Bimtek tersebut sangat membantu tim BUMDES Abadi Uling dalam hal managerial organisasi juga meningkatkan kapasitas tata kelola administrasi dan Akutansi badan usaha yang dikelolahnya.

"Terima kasih kepada semua pihak dan Alhamdulillah dengan pelaksanaan Bimtek ini, kami merasa terbantukan dari segi peningkatan kapasitas dan pemahaman organisasi, serta bisa memahami tata kelola administrasi dan akuntansi secara baik dan benar", ucap Pemuda alumni fakultas hukum universitas Tompotika Luwuk angkatan 2003.

Sebelum Bimtek dimulai, Kadis DPMD Hasan Bashwan juga menyampaikan pesan yang intinya mengharapkan Kegiatan Bimtek ini dapat menunjang aktivitas BUMDES, mengingat komoditi BUMDES Abadi Uling saat ini telah memiliki market ke pasar internasional dalam hal pengiriman barang produksi komoditi arang batok kelapa ke benua eropa dalam hal ini Swedia.

Sebagai penyelenggara, DPMD Banggai mengirim tim Pemateri yang juga selaku koordinator pendamping BUMDES tingkat Propinsi dan Kabupaten yakni Ansar.

Sesuai rencana, pelaksanaan Bimtek berlangsung selama 3 (tiga) dan ditutup pada Senin (8/7/2024) oleh Kabid Pemberdayaan mewakili Kadis DPMD. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS