Breaking News

Bupati Banggai Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Tanjung Tuwis

Luwuk - Bupati Banggai Amirudin mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Tanjung Tuwis, Luwuk Selatan, tepat tengah malam menjelang Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia atau Sabtu (17/8/2024) dini hari. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari UlangTahun ke-79 RI.

Bupati Amirudin tiba di TMP Tanjung Tuwis didampingi Wakil Bupati Furqanuddin Masulili. Hadir pula Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Ramli Tongko, Ketua DPRD Banggai Suprapto, Kepala Kepolisian Resor Banggai Ajun Komisaris Besar Putu Hendra Binangkari, Komandan Kodim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf. Hermanto, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Anton Rahmanto, serta sejumlah kepala perangkat daerah Kabupaten Banggai.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci dipimpin oleh Komandan Kodim 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf. Hermanto selaku Inspektur Upacara.

Melibatkan personel TNI, Polri, Satpol PP, dan Pramuka, apel tersebut diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Diapit oleh dua anggota pramuka yang membawa obor sebagai penerang, Inspektur Upacara membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

"Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa," ujar Inspektur Upacara. 

Dinyatakan pula ikrar untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa. "Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya, " kata Inspektur Upacara. 

Selanjutnya, Inspektur Upacara memimpin prosesi mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk keselamatan arwah para pahlawan.

Di TMP Tanjung Tuwis disemayamkan para pahlawan, yakni TNI sebanyak 31 orang, Polri 7 orang, pejuang veteran 60 orang, dan pejuang rakyat 5 orang.

Pada Sabtu (17/8/2024) pagi, Bupati Amirudin akan memimpin Upacara Bendera 17 Agustus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Tribun Mirqan Kawasan Perkantoran Bukit Halimun, Luwuk Selatan.

Livestreaming pelaksanaan Upacara Bendera 17 Agustus dapat disaksikan melalui kanal Youtube DKISP Podcast. (rin)

Sumber : DKISP Kabupaten Banggai.
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS