Breaking News

Bupati Banggai Pimpin Upacara Penurunan Bendera pada HUT RI Ke-79 di Luwuk

Banggai - Upacara penurunan bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Lapangan Mirqan Kawasan Perkantoran Bukit Halimun, Luwuk Selatan, pada Sabtu (17/8/2024) sore berjalan lancar dan penuh khidmat.

Bupati Banggai Amirudin kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara. Di tribun upacara, Bupati Amirudin didampingi oleh Wakil Bupati Furqanuddin Masulili. 

Hadir pula Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Ramli Tongko, para kepala perangkat daerah, dan pejabat Forkopimda Banggai.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Banggai tahun 2024 yang diberi nama Tim Bangsa sukses menjalankan tugas menurunkan Sang Merah Putih.

Anggota Paskibraka yang membawa baki bendera sore itu ialah Radisa Azzira Firna asal SMA Negeri 3 Luwuk. Setelah bendera diturunkan, putri dari pasangan Bapak Abdul Fatah Faliti dan Hj. Risnawati itu kemudian menyerahkan duplikat Merah Putih kepada Bupati Banggai di tribun upacara.

Tiga anggota Paskibraka lainnya yang bertugas menurunkan bendera yaitu Dhaffa Ravi Al Bani Alhabsyi asal SMAN 3, Raihan Ramadhan Abas  dari SMAN 1 Bunta, dan Ken Marshall Bode asal SMAN 3 Luwuk.

Sementara itu, komandan upacara dipercayakan kepada Iptu Karmawirandi yang menjabat Wakapolsek Batui, serta perwira upacara oleh AKP. Yuswanto yang merupakan Kabag SDM Polres Banggai.

LAUNCHING APLIKASI MANGAEL-JO

Sebelum upacara penurunan bendera Merah Putih dimulai, Bupati Amirudin secara simbolis meluncurkan aplikasi Mangael-Jo.

Aplikasi berbasis online yang memanfaatkan citra satelit kawasan perikanan tangkap ini dapat membantu nelayan memprediksi zona potensi penangkapan ikan melalui pemberian informasi titik koordinat.

Penerapan teknologi digital ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Banggai (Badan Riset dan Inovasi Daerah dan Dinas Perikanan Banggai) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional.

“Semoga dengan penerapan aplikasi ini dapat berdampak positif bagi Kabupaten Banggai yang kita cintai,” ujar Bupati Amirudin.

Pada kesempatan itu, Bupati Amirudin juga menyerahkan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya bagi pegawai negeri sipil (PNS) aktif dan PNS purnabakti di lingkungan Pemkab Banggai tahun 2024.

Pemkab Banggai juga memberikan penghargaan kepada 111 pemerintah Desa, 4 kelurahan, dan 3 Kecamatan untuk pelunasan tercepat Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2024. 

Tiga Kecamatan terbaik dalam pelunasan PBB-P2 yakni Kecamatan Toli Barat, Lamala dan Kecamatan Toili. (rin)

Sumber : DKISP Kabupaten Banggai
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS