Breaking News

Jelang Pendaftaran Bacakada Banggai, Dukungan Kepada ATFM Terus Mengalir

Luwuk - Tahapan Pilkada Serentak Se-Indonesia mulai mendekati waktu pendaftaran Paslon Pilkada, setelah semua bakal calon peserta Pilkada berjibaku untuk mengejar SK Partai Pengusung yang ditandai dengan pemebrian Dokumen SK B.KWK kepada masing-masing peserta calon peserta Pilkada.

Tak terkecuali, untuk Pilkada Banggai sudah ada tanda-tanda kalau peserta Pilkada akan mengikuti jejak Pilkada 2019 silam, yakni 3 (tiga) pasangan Calon (Paslon) peserta Pilkada. Setelah sebelumnya paslon Herwin Yatim-Heppy Manopo dengan tagar HY2M lebih dulu mendeklarasikan kesiapannya mengikuti kompetisi Pilkada Banggai.

Disusul temu sapa warga, relawan dan simpatisan Paslon Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang dengan tagar SM-SBM, kemudian disusul Paslon Amirudin Tamoreka dan Furqanuddin Masulili dengan tagar AT-FM yang baru-baru ini disambut ribuan warga dan simpatisan di alun-alun kota Luwuk dan melakukan temu sapa relawan dan simpatisan di sekretariat koalisi pemenangan di Kota Luwuk.

Paslon ATFM tergolong Paslon yang banyak menyita perhatian publik di Kabupaten Banggai. Pasalnya pasangan ini lahir bukan dari Kader Partai melainkan lahir berdasarkan hasil penilaian Partai Politik Pengusung. Yang mana ATFM layak menerima SK baik dari Golkar maupun PAN untuk menjadi kandidat peserta Pilkada Banggai.

Berikutnya Paslon Herwin-Heppy yang di usung oleh Partai PDIP dan Partai Hanura. Yang mana Herwin Yatim atau dikenal dengan sapaan akrab HY adalah kader sekaligus ketua DPC Partai PDIP Kabupaten Banggai yang juga mantan Aleg DPRD fraksi PDIP, Wakil Bupati serta Bupati Banggai periode 2014-2019.
Total kursi koalisi pengusung HY2M termasuk Paslon dengan jumlah kursi sesuai ketentuan Pilkada Banggai yakni 7 kursi, terdiri atas 6 kursi PDIP dan 1 kursi dari Hanura dan Paslon ini termasuk Paslon dengan jumlah kursi koalisi terendah dari dua Paslon lainnya.

Dan terakhir Sulianti Murad-Samsul Bahri Mang yang dikenal dengan sebutan SM-SBM ini di usung oleh Partai Gerindra, PKB, PKS dan Kemungkinan besar Partai Nasdem.
Sulianti Murad selaku calon 01 adalah Kader Partai Gerindra dengan jabatan Ketua DPD Gerindra Banggai yang baru saja menerima SK. B.KWK dari Gerindra dan PKB menyusul nanti PKS dan Nasdem dengan total kursi koalisi sebanyak 15 kursi hasil Pileg 2024 dan termasuk Paslon dengan dukungan koalisi terbanyak untuk Pilkada Banggai 2024.

Khususnya Paslon ATFM, dengan perolehan kursi koalisi sebanyak 13 kursi dari Golkar 11 kursi dan PAN 2 kursi, belakangan mengalir dukungan dari Partai Nonseat atau partai peserta Pemilu namun tidak memperoleh kursi di DPRD yakni Partai Demokrat dan Partai Perindo.

Kedua Partai ini belakangan diketahui telah mengantongi arahan atau petunjuk dari DPW Propinsi yang mana dukungan politik ke Paslon Petahana (Incumben) dalam hal ini Paslon Calon Bupati Ir. H. Amirudin Tamoreka, MM, AIFO dan calon Wakil Bupati Drs. H. Furqanuddin Masulili, MM. Keduanya masih aktif selaku Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banggai periode 2019-2024.

"Untuk Perindo, kami sudah ada petunjuk dari DPW kalau merapat ke petahana dalam hal ini ATFM, tinggal menunggu surat rekom hari ini", tutur Ketua DPD Perindo Banggai Hasman Balubi, SH yang juga aleg satu-satunya dari partai Perindo hasil pileg 2019.

Kaitan dukungan dari kedua Partai ini, sampai berita ini tayang, belum diperoleh informasi atau tanggapan dari Tim atau Koalisi pemenangan ATFM. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS