Breaking News

Kantongi 80.744 Suara, Berikut Parpol Pengusung dan Pendukung AT-FM di Pilkada Banggai

Banggai - Sebelum berkontestasi di Pilkada Banggai, Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka dan Furqanuddin Masulili atau yang akrab dikenal dengan sebutan AT-FM sudah mengantongi modal awal 80.744 suara.

Angka tersebut diperoleh dari hasil perolehan suara dua parpol pengusung yakni Partai Golkar dan PAN serta parpol pendukung lainnya yang tidak memiliki kursi di DPRD Banggai yakni Partai Demokrat dan Partai Perindo yang juga termasuk Parpol peserta Pemilu 2024.

Sejatinya, dukungan 13 kursi masing-masing Partai Golkar 11 kursi dan Partai PAN 1 (satu) kursi hasil Pileg 2024 sudah membuat paslon AT-FM bersyarat untuk mendaftar di KPU Kabupaten Banggai. Itu karena syarat minimal mengusung paslon di Pilkada Banggai hanya 7 kursi.

Berdasarkan penilaian atas keberhasilan pembangunan yang ditorehkan duet AT-FM, meski hanya dalam waktu 3 tahun menjabat, sehingga Partai Demokrat dan Partai Perindo Kabupaten Banggai menyatakan turut menyokong kekuatan sebagai partai politik pendukung. 

Hasil pemilu 2024, Demokrat dan Partai Perindo, termasuk partai politik nonseat alias tidak punya wakil di DPRD Banggai.

Pintu AT-FM untuk menuju kepemimpinan 2 periode sangat terbuka lebar. Salah satu alasannya yakni dengan mengantongi modal awal perolehan suara hasil Pemilu 2024. Berikut gambaran kekuatan Parpol pendukung yang bisa menjadi alasan kekuatan Paslon AT-FM, yakni :

1. Partai Golkar

Ini merupakan kali kedua Partai Golkar memberi tumpangan politik buat AT-FM. Satu alasan paling mendasar sehingga Golkar tetap konsisten dalam memberi dukungan, karena keberhasilan AT-FM dalam memimpin Kabupaten Banggai.

Pada Pemilu 2024 di Kabupaten Banggai, Golkar sukses sebagai parpol peraih kursi terbanyak. 

Partai yang diketuai Beniyanto Tamoreka ini mendorong 11 kader terbaiknya di parlemen lalong. Adapun total perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu 2024 sebanyak 63.818 suara.

2. PAN

Partai yang kini dinahkodai kaum muda, Jodi Prakoso Dayanun (Ketua) dan Akmal Ilyas (Sekretaris), pada Pilkada sebelumnya tidak memberi sokongan politik buat AT-FM.

Tapi kali ini partai berlambang matahari tebit ini lebih memilih paslon incumbent, ketimbang dua bakal paslon lainnya. Alasan tentu se irama dengan Golkar. AT-FM sukses membuat pembaharuan di Kabupaten Banggai.

Memang PAN tidak ‘segarang’ Golkar yang mendulang jumlah kursi signifikan. PAN pada Pemilu 2024 hanya punya 2 kursi, dengan total perolehan suara pada empat dapil sebanyak 7.386 suara. Namun PAN dipercaya mampu menggerakkan mesin Partainya dalam memperkuat posisi Petahana dalam meraih suara di Pilkada 2024 yang akan digelar Nopember tahun ini.

3. Parpol Nonseat (Tanpa Kursi di DPRD Banggai)

Hadirnya Partai gurem (parpol tanpa kursi di DPRD Banggai) menjadikan Paslon AT-FM seakan mendapat kekuatan baru, dengan hadirnya dukungan politik yang diberikan oleh Partai Demokrat dan Partai Perindo. 

Memang kedua parpol ini tidak punya keterwakilan legislator di DPRD Banggai. Akan tetapi Demokrat dan Partai Perindo mempunyai basis pemilih.

Hasil Pemilu 2024 lalu, Demokrat mengoleksi 5.729 suara. Sedang Partai Perindo 3.811 suara yang tersebar di empat dapil.

Terpisah, tokoh muda caleg terpilih DPRD Sulteng 2024 dari Dapil Banggai Bersaudara Partai Demokrat sebut saja H. Samiun L. Agi (18/2024) menuturkan kalau untuk sementara pihaknya masih menunggu arahan dari DPP soal dukungan Demokrat di Pilkada khususnya Pilkada Kabupaten Banggai yang pada Pileg 2024 ini tidak memperoleh kursi di DPRD Banggai.

"Iya, walaupun demikian kami masih menunggu arahan dari DPP kaitan dukungan politik untuk Pilkada Banggai", imbuh mantan aleg DPRD Banggai yang akrab disapa Ustadz Sami'un.

Sebagai gambaran peta kekuatan politik sementara, berikut rincian perdapil perolehan suara masing-masing parpol pengusung dan pendukung Paslon Amirudin Tamoreka dan Furqanuddin Masulili (ATFM) :

A. Partai Golkar  (63.818 suara)

Dapil I 16.059
Dapil II 24.538
Dapil III 5.768
Dapil IV 17.453

B. PAN (7.386 suara)

Dapil I 3.556
Dapil II 553
Dapil III 316
Dapil IV 4.044

C. Demokrat (5.729)

Dapil I 2.012
Dapil II 1.638
Dapil III 325
Dapil IV 1.754

D. Partai Perindo (3.811 suara)

Dapil I 2.201
Dapil II 369
Dapil III 190
Dapil IV 1.051.

Nah, ketika perolehan suara empat parpol tadi solid hingga di Pilkada Banggai 2024, maka diestimasi paslon AT-FM sudah mengantongi 80.744 suara

Dan angka ini belum termasuk pemilih yang bersimpatik pada pasangan AT-FM yang belakangan menilai kemampuan Amirudin dan Furqanuddin dalam menaikkan APBD Banggai hingga di angka Rp 3 triliun lebih. (Tim)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS