Breaking News

Tegas,,Bawaslu Banggai Tertibkan Panplet/Baliho Kandidat Pilkada Paskah Pendaftaran di KPUD

Banggai - Saat ini marak pemasangan pamplet milik bakal calon Pilkada Banggai di pohon dan tiang listrik. Meski begitu, Bawaslu Kabupaten Banggai belum berkewenangan menertibkan. Lembaga pengawas pemilu dan pemilihan itu meminta Pemkab untuk mengambil langkah penertiban.

Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Ridwan Selasa (20/08/2024) mengaku pihaknya belum bisa melakukan penertiban terhadap pemasangan gambar bakal calon yang berada di pohon dan tiang listrik.

Alasan Ridwan, belum ada calon ataupun pasangan calon yang terdaftar sekaligus ditetapkan KPU sebagai kontestan di Pilkada Banggai.

“Yang perlu kami tegaskan bahwa Bawaslu belum punya kewenangan untuk melakukan penertiban. Sebab spanduk yang dipasang itu belum dikategorikan sebagai APK (alat peraga kampanye)," tandasnya.

Bukan berarti Ridwan lepas tangan. Bagi dia, jika memang pemasangan gambar itu dianggap mengganggu, karena menggunakan tiang listrik yang merupakan salah satu fasilitas milik negara, termasuk tidak memberi kenyamanan kepada publik, maka silahkan pemerintah menertibkannya. 

Hal itu sebagaimana diatur pada Perda nomor 16 tahun 2021.

Ridwan menjelaskan, Bawaslu memiliki kewenangan melakukan penertiban, ketika spanduk yang memuat gambar bakal calon tidak sesuai dengan ketentuan dalam regulasi. Dan itu setelah ditetapkan oleh KPU Banggai.

"Karena APK itu harus yang berkesesuain dengan PKPU. Jika tidak, maka kami bisa melakukan penertiban," ujarnya.

Meski sudah mendapatkan aduan, atas maraknya pemasangan spanduk salah satu bakal calon, namun Bawaslu belum dapat mengambil tindakan. 

Sebab yang lebih berkewenangan melakukan penertiban spanduk adalah Sat Pol. PP selaku penegak Perda. 

"Secara kelembagaan, kami kembalikan kepada bakal calon untuk menertibkan secara mandiri. Jika sudah pasca penetapan, maka kami tetap akan melakukan penertiban dengan melibatkan pihak-pihak terkait," tegasnya. (Tim)

Sumber : Sofyan Labolo.
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS