Breaking News

Peduli Nelayan, Pemda Banggai Rencana Bangun Cold Storage di Tahun 2025

Luwuk - Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai akan merencanakan untuk membangun fasilitas cold storage atau tempat penyimpanan produk dan makanan dalam suhu tertentu, pada tahun 2025. 

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO dalam kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Nelayan Perikanan Tangkap yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Banggai, Kamis (22/8/2024) di Ballroom Hotel Estrella. 

“Saya berharap rencana besar kita di tahun 2025 nanti ada cold storage yang akan kita bangun, sehingga para nelayan tidak perlu lagi susah menjual ke pasar, tetapi bisa ditabung untuk dimasukan ke cold storage,” tutur Amirudin.

Memiliki potensi besar dalam sektor perikanan dengan garis pantai sepanjang 613,25 km, langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung kesejahteraan nelayan di Kabupaten Banggai.

Sekitar 300 Nelayan yang hadir dalam sosialisasi pada hari ini merupakan penerima bantuan Pemda Banggai sebanyak 355 unit mesin ketinting, 62 perahu fiberglass, dan alat tangkap lainnya. 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banggai Ir. Ferlin Y.T Monggesang M.Si berharap bahwa melalui sosialisasi ini, bantuan yang diberikan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan sesuai fungsi, serta tidak boleh diperdagangkan atau dipindah tangankan.

“Bantuan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. jangan sampai ada yg memperjualbelikan, atau dipindahtangankan, atau alasan-alasan lain yang diperuntukan tidak sesuai dengan fungsinya,” tegas Ferlin.   

Bupati juga mengingatkan bahwa dalam upaya mempercepat kesejahteraan nelayan, Pemda Banggai telah meluncurkan aplikasi "Mangael Jo", aplikasi dirancang untuk membantu nelayan dalam menemukan titik koordinat lokasi penangkapan ikan secara lebih efisien.

“Tujuannya adalah bagaimana kita memberikan  kesejahteraan yang lebih cepat kepada nelayan di Kabupaten Banggai, kita bekerja sama terus meningkatkan bantuan-bantuan sehingga tidak ada lagi kesulitan nelayan,” kata Amirudin. 

Sebelum membuka kegiatan sosialisasi secara resmi, Bupati Amirudin juga menyerahkan bantuan  Kursi Roda, Alat Bantu Pendengar, dan Kaki Palsu, “Jadi bapak/ibu, kalau ada masyarakat yg membutuhkan kursi roda, di Dinas Sosial itu tersedia, silahkan masukan nama-namanya,” Tutur Bupati Banggai. 

Sosialisasi disampaikan oleh Kejaksaan Negeri Kab. Banggai dan Polres Banggai, serta turut Hadir Para Pimpinan OPD Kab Banggai, Pimpinan Instansi Vertikal, Camat juga Lurah/Kades. (rin)

Sumber : DKISP Kabupaten Banggai.
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS