Breaking News

Sambangi Lontio Baru, Bupati H. Amirudin Cicipi Onyop dan Ikan Hasil Tangkapan Kelompok Nelayan Kecamatan Nambo

Nambo - Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka, MM, AIFO menghadiri acara syukuran kelompok Nelayan yang dirangkai dengan penyerahan Bantuan Sound system kepada perwakilan generasi muda kelurahan Lontio Baru, yang gelar di Pantai Indah wilayah kelurahan Lontio Baru pada Sabtu (31/8/2024)

Turut hadir pula Kabag Kesra Setda Banggai, Kabag Humas Setda Banggai Muhlis Pampawa, Camat Nambo Zubhan Ahmad, S.Sos dan jajarannya, Danramil Kintom Kapt. Inf. Lamadele, Kapolsek Kintom AKP. Anang, Lurah Lontio Baru Mulyo Minatin, ST dan Jajaran selaku tuan rumah, Kades dan Lurah Se-Kecamatan Nambo, Ketua ketua lompok nelayan dan anggota serta undangan lainnya.

Dalam sambutan singkatnya, Camat Nambo Zubhan Ahmad, S.Sos mengucapkan terima kasih kepada Bupati Banggai atas kesediaannya menghadiri undangan syukuran kelompok Nelayan.

"Alhamdulillah, melalui kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Banggai tentang Dana Pelimpahan Kewenangan 5 Milliar, membantu kami untuk menjawab langsung apa yang menjadi kebutuhan warga khususnya dari kelompok Nelayan dan pemuda", ucap Camat.

Lanjut Camat, pembiayaan pengadaan bantuan alat tangkap ikan dan sound system tersebut bersumber dari dana pelimpahan kewenangan Pemkab Banggai kepada pemerintah kecamatan guna menopang kegiatan program pemberdayaan khususnya sektor Kelautan dan perikanan diwilayah Kecamatan Nambo.

Bupati Banggai H. Amirudin pada kesempatan yang sama sebelum menyampaikan sambutan singkatnya Bupati H. Amirudin menyerahkan langsung bantuan sound system kepada kelompok pemuda.

Dalam sambutannya, H
Bupati H. Amirudin menyampaikan beberapah hal yang menitik beratkan pada program kerja yang menjadi perhatian Pemkab Banggai, yakni :

Pertama, peningkatan anggaran Kelurahan dari 250 menjadi 650 juta.
Kedua, melalui program dana pelimpahan kewenangan sebesar 5 Milliar kepada Pemerintah kecamatan.

"Ini yang pertama di Sulteng, dimana Pemcam bisa langsung mengelola Dana Pelimpahan sebesar 5 miliar atau 120 milliar untuk 24 Kecamatan Se Kabupaten Banggai", tandas Bupati.

Lanjut H. Amirudin, sembari berpesan kepada seluruh Camat agar segera merealisasikan dana 5 Milliar dan nantinya program ini akan ditambah bila pada tahap ini bisa terealisasi dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakatat.

Ke tiga, Bupati H. Amirudin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Banggai atas dukungannya sehingga melalui kepemimpinan mereka, PAD Kabupaten Banggai bisa mencapai angka 3,3 Triliun atau naik 1.4 triliun dari 1.9 triliun.

"Terima kasih atas doa dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Banggai  sehingga dalam tiga tahun memimpin PAD kita mencapai 3.3 triliun dari 1.9 triliun dan Pelimpahan kewenangan ini diadakan guna mempercepat pemenuhan kebutuhan masyarakat di kecamatan", terangnya.

Diketahui, bantuan kepada kelompok Nelayan tersebut berupah Katinting sebanyak 27 unit dan sound system untuk kelompok pemuda khususnya di Kelurahan Lontio Baru.

Usai sambutan, acara di akhiri dengan makan bersama dengan hidangan menu lokal berupah POPEDA atau onyop (Bahasa daerah-red) dengan lauk pauk hasil tani dan nelayan yang didahului pembacaan Do'a oleh Ustadz Muhrin Abatin. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS