Breaking News

Wabup Banggai Buka Lounching Perdana Eksport Arang Batok Kelapa Bumdes Abadi Uling ke Swedia

Kintom - Mewakili Bupati, Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili, MM menghadiri sekaligus meresmikan lounching perdana eksport Arang Batok Kelapa yang menjadi usaha andalan Bumdes Abadi Desa Uling, Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah pada Minggu (11/8/2024).

Turut hadir pula Kepala Biro komunikasi layanan publik dan kerja sama di Kementerian ESDM Ir. Agus Cahyono Adi, MT, Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Kementerian Desa Muh. Asnawi, M.Si, Asisten I Setda Banggai Hj. Nur Djalal, Staf khusus Bupati Banggai, Kadis Perdagangan diwakili Sekdis, Plt. Kadis PMD Hasan Baswan, S.STP, M.Si, Koord. Pendamping Kabupaten Asgar Jabar, SH., Relation eksternal PT. PAU Adi Hermawan Santoso, Direktur operasional PT. Ailesh Essa selaku Owner arang batok kelapa Cahaya Prautama, SP, Camat Kintom Amrizal Latief, S.Sos, Danramil 1308/04 Kintom Kapt. Inf. La Mudale, Kapolsek Kintom AKP. Nanang Afrioto, Sekcam Kintom Faisal Kusika, Kepala Desa Uling Darwin, Kades/Lurah Se-Kecamatan Kintom yang sempat hadir, Direktur Dedi Iswanto Lantona, SH dan jajaran pengurus Bumdes Abadi Uling, kelompok UKM, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, masyarakat yang terdiri dari petani/pekebun dan undangan lainnya.

Dalam sambutan singkatnya, Kepala biro komunikasi layanan publik dan kerjasama Kementerian ESDM Agus Cahyono menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Bumdes Abadi Uling sembari menegaskan kalau pihaknya mensuport kinerja Bumdes Abadi Uling agar terus maju dan berkembang.

"Kita mulai dan kita garap secara bersama sama mulai hal hal kecil hingga yang besar guna meningkatkan produksi dari komoditi yang tergolong aman dari emisi gas dan dampak lingkungan, kedepan bukan hanya komunitas ekspor akan tetapi juga pemenuhan kebutuhan dalam negeri", tutur Agus Cahyono.

Lanjut Agus, dalam kesempatan ini kami mengucapkan selamat kepada Bumdes Abadi Uling dan kepada pihak eksternal agar terus memberikan pendampingan dan kami tentunya akan menindak lanjutinya sesuai program kerja dilingkup kementrian ESDM.

Ditempat yang sama, Direktur promosi dan pemasaran kementrian Desa Asnawi juga menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Bumdes Abadi Uling yang telah berhasil menjalankan usaha produksi arang batok kelapa yang saat ini sudah dimulai eksport guna memenuhi permintaan negara Swedia.

"Ini semua berkat dukungan semua pihak baik pihak PT. PAU, PT. Ailesh Essa selaku Owner dan tentunya Pemda Banggai, Pemcam Kintom dan Pemdes Uling serta kerja keras jajaran pengurus Bumdes Abadi Uling dibawah pimpinan Direktur Dedi Iswanto Lantona", imbuh Asnawi.

Pada kesempatan yang sama, Wabup Banggai Furqanuddin Masulili mengucapkan selamat datang kepada rekan-rekan dari kementrian Desa dan ESDM sekaligus ucapan terima kasih atas suport dan dukungannya kepada Bumdes Abadi Uling.

"Terima kasih atas support dari Kementrian ESDM dan Kementrian Desa terhadap Bumdes Desa Uling, juga terima kasih atas kerja sama yang baik dari pihak PT.PAU selaku fasilitator pendamping program CSR dan PT. Ailesh Essa selaku Owner, sehingga hari ini kita sama menyaksikan lounching perdana pengiriman arang batok kelapa ke Negara Swedia", ucap Wabup Furqanuddin Masulili.

Ditambahkannya pula bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kinerja BUMDES Abadi Uling sehingga bisa meningkatkan usahanya hingga mengisi pasar internasional dalam hal ini ke benua eropa.

"Bumdes di Kabupaten Banggai sudah lama terbentuk, namun belum ada peningkatan dan kami berbangga karena dikepemimpinan kami Bumdes saat ini sudah bisa go internasional dan hal ini semoga bisa dicontoh oleh Bumdes lain di Kabupaten Banggai", tambahnya.

Masih dari Furqanuddin, Potensi SDA kita sangat banyak, khususnya batok kelapa yang menjadi salah satu tanaman andalan petani/pekebun Kabupaten Banggai.

Tentunya sebagai pemerintah Daerah setiap tatakelola Bumdes yang baik kami akan suplai dengan dana untuk pengembangannya, dan mari kita serius untuk menggeluti usaha produktif yang bersumber dari bahan lokal.

Wabup Furqanuddin Masulili juga menyampaikan pesan singkat Bupati Banggai agar yang dicapai sekarang tidk berhenti sampai disini tapi terus  dikembangkan untuk jangka panjang.

"Yang harus dijaga adalah memupuk modal hingga semakin hari semakin besar agar kedepan bisa dikembangkan lagi hingga bisa menyentuh komoditi lain yang ada di Kabupaten Banggai.
Mari kita dukung semua program yang dilaksanakan Bumdes Abadi Uling sehingga bisa menjadi badan usaha yang mandiri dan besar kedepan", tuturnya Wabup Furqanuddin Masulili.

Selanjutnya, mewakili Bupati Banggai Wabup meresmikan lounching pengiriman perdana Arang Batok Kelapa ke negara Swedia yang sudah siap kirim dalam peti kemas sebanyak 26 ton untuk tahap awal.

"Duduk sendirian menunggu kekasih, cukup sekian dan terima kasih", tutup Wabup sembari berpantun.

Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh wabup Furqanuddin yang diberikan berturut-turut kepada Direktur Bumdes Abadi Uling, Kementerian ESDM dan Kementerian Desa, PT. PAU dan PT. Ailesh Essa. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS