Breaking News

Camat Nambo Melepas Sekaligus Pimpin Prosesi Adat Pandanga yang Ditujukan Kepada Tomundo' dan Bupati Banggai

Nambo - Camat Nambo Zubhan Ahmad, S.Sos melepas sekaligus mendampingi  langsung rombongan pemangku adat pengantar aneka makanan siap saji kepada Batomundo'an dan  Pimpinan Daerah Kabupaten Banggai dalam prosesi adat yang dikenal dengan sebutan "Pandanga" rangkaian perungatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah/2024 M pada Kamis (19/9/2024).

Titik star rombongan bertempat di Kantor Camat Nambo dengan dua agenda yakni Pertama ; pengantaran komponen Pandanga ke Tomundo Banggai dan yang Kedua ; Pengantaran Komponen Pandanga ke Bupati Kabupaten Banggai.

"Kegiatan kita saat ini yakni pengantaran Komponen Pandanga kepada Tomundo dan Bupati Banggai", ucap Camat Nambo.

Lanjutnya Camat, dalam iring-iringan nantinya kami minta agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di jalan raya mengingat rute yang dilalui itong-iringan kenderaan pembawa rombongan melalui jalur jalan padat kenderaan.

"Iring-iringan kenderaan rombongan dikawal pihak Polsek Kintom-Nambo bekerja sama bekerjasama dengan Danramil Kintom-Nambo serta peserta sekitar 200 orang yang memakai transportasi roda empat dan roda sebanyak 25 unit", lanjutnya.

Selain itu, Camat juga mengatakan kalau prosesi Adat Pandanga tersebut merupakan budaya lokal yang telah menjadi tradisi sejak turun temurun ketika memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

Namun, yang istimewa dalam prosesi Pandanga kali ini, yakni pengantaran sesembahan makanan siap saji kepada yang mulia Tomundo (raja-red) dan Bupati Kabupaten Banggai yang terbilang sangat baru yakni di tahun 2024 setelah puluhan tahun tak pernah dilaksanakan.

"Setelah puluhan tahun, Alhamdulillah, prosesi adat Pandanga yang ditujukan kepada Tomundo dan Bupati Kabupaten Banggai bisa dilaksanakan kembali tahun 2024 ini", imbuhnya.

Camat menuturkan kalau Tomundo yang dimaksud adalah Raja Banggai Hideo yang diwakili Burhanudin Amir yang akan di kunjungi di kediamannya bertempat dikompleks Pasar Tua kota Luwuk dan Bupati Kabupaten Banggai Amirudin Tamoreka bertempat di Rujab Bupati Banggai.

"Selama ini, prosesi Adat Pandanga ini rutin dilaksanakan setiap tahun pada skala Kecamatan rangkaian memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW", terang mantan SekCam Pagimana ini.

Ditempat yang sama, tokoh masyarakat Irman Budahu saat mendapat kesempatan memberikan sambutan menyampaikan agar dalam proses iring-iringan pengantar berjalan nanti, selalu memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT dan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Selama prosesi berjalan, tidak perlu melakukan hal-hal yang dapat merusak prosesi adat yang dilaksanakan.

"Selama pelaksanaan prosesi Adat Pandanga ini, saya minta semua pihak agar menjaga lisan dan perbuatan yang dpat merusak prosesi Pandanga karena kegiatan ini semata-mata menunaikan kesyukuran atas berkah dan rahmat-Nya sehingga usaha dan ikhtiar kita semua membuahkan hasil", tandas Irman Budahu.

Diketahui, Prosesi Adat Pandanga sendiri merupakan wujud kesyukuran masyarakat atas rejeki yang melimpah dari hasil panen pertanian dan perkebunan dan perikanan. Sehingga dalam perjalanan tradisi penduduk lokal, dilaksanakanlah Prosesi Adat Pandanga yakni membawa makanan siap saji kepada Batomundo'an atau pimpinan suatu daerah, yang bahannya terbuat dari bahan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan dari warga setempat.

Turut hadir dalam prosesi Adat Pandanga tersebut, Kapolsek Kintom-Nambo AKP. Nanang, Danramil Kintom dan unsur Forkopimcam lainnya, Jajaran Pemerinrah Kecamatan Nambo, Koordinator Pendidikan (Kordik) Tahir Dj. Panok, Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Nambo, tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh masyarakat, Tokoh Perempuan, Kelompok Majlis taklim Se-Kecamatan Nambo, para Kepala Sekolah baik tingkat TK/PAUD hingga SLTA, Pengurus Risma Se-Kecamatan Nambo yang sempat hadir dan masyarakat lainnya. (rin)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS