Breaking News

Paslon Herwin Yatim - Hepy Manopo Tuai Simpati Publik Jelang Pilkada Banggai 2024

Luwuk - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banggai periode 2024-2029 Ir. H. Herwin Yatim, MM dan Heppy Yeremia Manopo terus menuai simpati publik. Pasalnya Publik menilai pasangan ini sangat ideal dan memiliki perhatian yang mendalam terhadap kearifan lokal.

Sosok figur Calon Bupati, Herwin Yatim  dikenal sangat memperhatikan kemajuan seni dan budaya berbasis kearifan lokal sekaligus tokoh inspirator yang mampu mengangkat nama baik Kabupaten Banggai di kancah Nasional maupun internasional.

Bukti sebagai tokoh inspirator tersebut antara lain, disaat memimpin kabupaten Banggai periode 2014-2019, Herwin Yatim berhasil membawa Kabupaten Banggai sebagai Daerah yang dinilai paling Bersih dan Rapi yang ditandai dengan berbagai penghargaan piala Adipura secara berutrut-turut.

Penghargaan ini diterima Kabupaten Banggai berkat Inovasi Gerakan PINASA yang dalam bahasa lokal merupakan kepanjangan dari "Pia Na Sampah Ala" atau dengan kalimat lain "Lihat Sampah Ambil". Program dengan ikon gambar dari burung Mamuak, PINASA ini berhasil karena efeknya mampu menyasar hingga ke pelosok Desa.

Disamping inovasi berbasis lingkungan yang dikenal dengan sebutan PINASA, Herwin Yatim juga mampu mengangkat fauna atau ikan endemik di Sulawesi Tengah khususnya diperairan laut Kabupaten Banggai yakni Cardinal Fish yang dalam bahasa Saluan dikenal dengan nama Bibisan atau Bahangkanga. Sejenis ikan yang kurang diminati konsumen bahkan dibenci para pemancing tradisional karena kerap mengganggu nelayan dengan memakan umpan pancing.

Namun berkat inspirasi dari kepemimpinan Herwin Yatim, Cardinal Fish menjadi salah satu ikon Kekayaan Laut Kabupaten Banggai.
Disamping itu, Pasangan pemimpin Herwin Yatim - Hepy Manopo dinilai sebagai representasi yang ideal dari komunitas masyarakat se-kabupaten Banggai yang mana sejarah mencatat kalau Pilkada tahun 2024 melalui Paslon Herwin-Hepy, ada perwakilan dari kelompok minoritas.

Berikutnya lagi, yang paling menarik perhatian publik yakni kepeduliannya terhadap Seni dan Budaya berbasis kearifan lokal berupah kerajinan Tenun Nambo. Yang menjadi satu-satunya ikon Seni yang berhasil mengangkat nama Kabupaten Banggai.
Di era kepemimpinan Herwin Yatim, Tenun Nambo bergema di Nusantara, Asia, Australia, Eropa hingga menjadikan souvenir tamu istimewa di Gedung Markas Perseikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Sayangnya usai kepemimpinan Herwin Yatim, tenun Nambo tak lagi nampak terlihat, justru menghilang entah kemana rimbanya.
Setelah ditelusuri awak media ini, diperoleh informasi kalau tenun Nambo sudah terhenti sementara karena ada kesalahan teknis yang mempengaruhi terhentinya kegiatan pengrajin tenun Nambo.

"Bagaimna tidak mo taberenti itu ba tenun, lalu dibilang ungsikan dulu ini alat tenun karena mau dibangun gedung baru, eeeee ternyata bukan tempat tenun bajongko yang di bangun tapi di bagian belakang, sementara alat tenun sudah terlanjur di bongkar, setelah itu mereka tidak urus lagi sampai sekarang", ucap sumber yang enggan disebutkan namanya.

Kesemuanya itu kembali digaungkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ir. H. Herwin Yatim, MM dan Hepy Manopo pada Catatan Visi Misi nya jelang hari H Pemilukada yang akan digelar 27 Nopember 2024 mendatang.

Adapun Visi Misi Paslon Herwin-Hepy, sebagai berikut :

VISI :

Mewujudkan Kabupaten Banggai Yang Lebih Unggul Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi, Pertanian dan Kemaritiman Yang Berbasis Kearífan Lokal dan Budaya.

MISI :

  1. Mempercepat Pembangunan SDM yang Berkualitas, Produktif dan Berkepribadian Kuat
  2. Mempercepat Pembangunan Ekonomi Berdikari Berbasis Keunggulan Pengetahuan.
  3. Mempercepat Pengembangan Pemerataan Pembangunan Ekonomi, pengembangan Pertanían melalui Pemanfaatan Teknologi, Riset dan Inovasi.
  4. Mengembangkan Sektor Kesehatan, Sektor Kemaritiman Berbasis Potensi Wilayah.
  5. Mewujudkan Penyediaan Infrastruktur yang berkualitas dan Merata
  6. Mewujudkan Pengembangan Nilai-Nilai Agama,Kearifan Lokal dan Budaya.
  7. Mempercepat Pelaksanaan Penghormatan HAM, Supremasi Hukum yang berkeadilan dan Profesional.

Dikepemimpinan Paslon Herwin - Hepy, dibekali sejumlah program unggulan, meliputi :

  1. Mengembalikan Kejayaan Kabupaten Banggai di Kancah Nasional dan Internasional.
  2. Mensejahterakan Aparatur Sipil Negara, Kepala Desa, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Honorer dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
  3. Bantuan Usaha Ibu Rumah Tangga 15-20 Juta.
  4. Penguatan Pendidikan Gratis yang Sempurna dan Lengkap.
  5. Kesehatan Gratis dan Lengkap.
  6. Pencegahan Stunting Mulai dari lbu Hamil dan Masa Menyusui.
  7. Bantuan Rumah Ilbadah dan Sekolah Agama
  8. Infrastruktur Desa dan Kecamatan.
  9. Bantuan Kepada Petani dan Nelayan dari Segi BBM, Pupuk, Mesin Pertanian dan Nelayan diperbaharui. (red)
© Copyright 2022 - MITRAPERS ONENEWS